Waspada Penipuan Mengatas Namakan Blibli.com

Anda pernah berjualan online? Pernah membuka toko di L*Z**A atau M*TA*AR*M*LL?
Jika Anda sering membuka toko online di berbagai website, sebaiknya waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan website tersebut. Yang jadi masalah adalah banyak penipuan yang mengatasnamakan website terkenal. Salah satu contoh yang saya alami kemarin (10 April 2016) adalah saya ditawarkan untuk menjadi merchant (penjual) di website blibli.

blibli adalah e-commerce atau toko online yang dikelola oleh PT Global Digital Niaga.
blibli beralamat di Jalan Aipda K.S. Tubun II C No. 8 Jakarta Barat
Anda bisa menghubungi customer care blibli jika ada yang mengatasnamakan blibli.comi di 0804-1-871-871 atau email customer.care@blibli.com

Kronologis penawaran menjadi penjual di blibli yang berupa penipuan tersebut:
Saya ditambahkan sebagai kontak baru oleh si penipu (PIN BBnya si penipu 7ABB5DFB).
Penipu menawarkan untuk menjadikan saya sebagai penjual di blibli melalui chat BBM.
Kecurigaan saya semakin terbukti selain dengan penawaran yang hanya melalui chat BBM, juga domain email yang ia pakai bukan dengan domain blibli.com, terlebih lagi di bagian paling bawah email nama PTnya bukan PT Global Digital Niaga melainkan PT Valdo INC

Untuk mencegah penipuan, yang perlu kalian ketahui sebagai penjual toko online adalah:

• Website website toko online akan menawarkan kerjasama hanya melalui telpon dan/atau email, tentunya email bukan dengan gm*il.com ataupun y*hoo.com, tetapi dengan nama website tersebut, contoh blibli seharusnya dengan email xxx@blibli.com.

• Apabila kalian selama ini tidak pernah mengenal sistem deposit seperti yang diterapkan oleh L*Z**A atau M*TA*AR*M*LL (saat ini hanya 2 website itu yang saya terdaftar sebagai penjual dengan sistem deposit), perlu kalian ketahui bahwa deposit sebesar Rp 500.000 tersebut bukan dengan cara mentransfer ke suatu rekening, tetapi dengan transaksi penjualan Anda di website yang Anda terdaftar sebagai penjual.



Klik untuk memperbesar

Komentar

  1. Haha.. saya juga ada yang nawarin sama pake deposit trf ke rek. hahaha..

    Jaman gini kalau nga nipu nga keren wkwkwk.. paling abaikan atau laporin aja gan biar kapok

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

modus penipuan pembeli ke penjual