modus penipuan pembeli ke penjual
pembeli (pelaku) mau nipu penjual yaitu pelaku mau dapat barang tanpa keluarin uang dengan cara mengajukan pengembalian barang & dana lalu dirubah langsung menjadi pengembalian dana karena mau dapat barang yang sudah benar dan uang balik ke dia
kronologi :
tanggal 9 Maret 2023 pelaku beli popok merk Happy Nappy di kami beserta bonus untuk anak perempuan
11 Maret popok Happy Nappy kami habis dan kami baru mulai jual merk lain yaitu Goo.N malamnya, saya ingat betul sore itu semua Happy Nappy sudah habis karena saat itu saya mau taruh Happy Nappy terakhir ke tumpukan paket di hari itu dan ternyata belum dipickup, lalu saya chat admin shopee express cabang biak cideng dan dia bilang kurirnya lagi libur, tanya saja ke mereka mulai dari tanggal 12 apakah toko kami ada banyak paket atau tidak, yang jawabannya tidak, jadi tidak mungkin banget kami salah barang
13 Maret paket sampai ke pelaku
14 Maret pelaku mulai melancarkan aksinya yaitu mengajukan pengembalian barang & dana lalu dirubah langsung menjadi pengembalian dana dan hanya kasih foto label kirim di kemasan abu pekat (benar kemasan kami)
Di kelima pengajuan, pelaku sama sekali tidak ada chat di halaman pengajuan
Di pengajuan pertama, saya minta bukti video dari pembeli atau tim mediasi shopee karena saat saya tanya ke CS shopee katanya lagi minta bukti ke pembeli, lalu pelaku membatalkan pengajuan dan bikin pengajuan lagi yang kedua seperti yang kalian bisa lihat di gambar
Kemudian saya berikan nomor whatsapp saya, besok paginya, si pelaku mengirimkan 4 pesan, 2 teratas sudah dihapus terlebih dahulu, sisanya video unboxing palsunya beserta screenshot halaman pesanan (gambar di bawah ini baru saya dapat tanggal 22 Maret dan sempat bingung juga, ternyata pesan yang dihapus bisa muncul sekali jika pertama kali buka whatsapp di browser, hal ini disebabkan karena belum sinkronisasi isi chat, jika browser ditutup dan buka whatsapp lagi, pesannya hilang, karena sudah sinkronisasi isi chat)
Seperti yang kalian bisa lihat di video rekaman yang merekam layar hp saya :
Jelas-jelas plastik kemasan kami abu pekat tidak transparan, sedangkan video palsu dari pelaku biru transparan hasil comot video orang
Pesan whatsapp dihapus semua saat ketauan (setelah saya jelaskan indikasi pembeli mau menipu penjual di halaman pengajuan)
Jika memang itu video unboxing yang benar, buat apa dihapus, jelas sekali untuk menghilangkan jejak
Pelaku dengan sengaja tidak kirim video unboxing palsu di pengajuan yang dia kirim melalui whatsapp, dan malah hanya kirim foto label pengiriman mulu di kelima pengajuan
Video unboxing tersebut jelas palsu karena :
A. kami pakai plastik abu pekat, bukan biru transparan
B. juga tidak ada bonus dalam amplop coklat yang kami tempel di tiap kemasan popok
C. dia milih metode pembayaran COD (cash on delivery), bayar di tempat, kalau kemasan transparan dan tau isinya salah, ngapain diterima apalagi dibayar....
D. ngapain robek kemasan biru transparannya toh ga perlu dirobek juga bisa tau isinya apa dari luar, dari situ dan beda warna kemasan saja sudah ketahuan banget videonya palsu
Lha saya kalau beli barang lalu pas datang kemasannya transparan, liat isinya beda dari yang dibeli, ya videoin aja semua sisi ga perlu dibuka, toh ga perlu dibuka juga keliatan isinya apa
Dari berulang kali ngajuin saja sudah mencurigakan, ini makhluk tidak hanya merugikan waktu dan tenaga saya sebagai penjual, tapi juga merugikan tim mediasi shopee
Heran saya kenapa ada yang mau anaknya pakai popok haram dengan cara nipu penjual begini, mana anaknya sendiri dikatain hewan, kasihan...
Seperti biasa, reviewnya saja tidak berani kasih foto, hanya tulisan doang
Nama pelaku : Elisah
ID shopee pelaku : jihan17_uwj
No. HP : 081361462815
Alamat pelaku : jl andansari lkn18 psr6 gg lasimin gg musholla rumah ujung cat hijau yg ada mobil birunya medan marelan sumatera utara 20250
Komentar
Posting Komentar